Berita Utama

Seleksi Ujian tertulis Bakal Calon Perangkat Desa Candinegara

Dilihat : 70979 Kali, Updated: 28 01 2015 20:56:10
Seleksi Ujian tertulis Bakal Calon Perangkat Desa Candinegara

Candinegara 27/1/2015; Sedikitnya 14 orang mengikuti tes penyaringan calon perangkat Desa, Desa Candinegara Kecamatan Pekuncen. Ujian tertulis calon perangkat desa ini dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Candinegara, pada Senin (27/1) baru-baru ini. Dalam jadwal, pelaksanaan penjaringan ini diawali pendaftaran Bakal calon perangkat desa yang dilaksanakan tanggal 10 sampai dengan 19 Januari 2015 dan seleksi administrasi tanggal 26 Januari  2015.

Hal lain Untuk menjaga transparansi pelaksanaan penyaringan panitia memperketat pengawasan, diantara mengambil tiga orang dari luar Desa untuk membuat soal dan  tidak melibatkan anggota Panitia, hal ini juga untuk menjaga kebocoran soal ujian.

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (P3D) Handoyo mengatakan, pelaksanaan penjaringan dan pengangkatan calon Perangkat Desa untuk Kaur Umum ini sudah memasuki tahap penyaringan.

Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 14 orang, semuanya dinyatakan lulus administrasi. Ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, penyaringan Perangkat Desa ini terdiri dari 6 peserta laki-laki dan 8 peserta perempuan, masing-masing memiliki pendidikan sarjana sebanyak 1 orang, dan yang lain berpendidikan SLTA atau sederajat sebanyak 13 orang.

Saat pelaksanaan tes Jumlah soal yang disiapkan ada 100 pertanyaan berupa pilihan ganda. Adapun materi soal untuk formasi Kaur Umum terdiri dari UUD 45, UU 6 tahun 2014 dan aturan pelaksanaanya, Pengetahuan umum, Bahasa Indonesia, dan Matematika.

Hasil akhir ujian tertulis Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa saat itu juga langsung merekap nila ujian. Menurut data yang diperoleh nilai tertinggi untuk formasi Kaur Umum diraih oleh Riyanto dari RT 03 RW 01 sedangkan peringkat kedua Muftikhatul Rokhimah dari RT 01 RW 03.

Dari jumlah keseluruhan nilai yang diraih peserta sudah ditambahkan nilai pengabdian, dedikasi, loyalitas dan sifat tidak tercela (PDLT). Rangkuman nilai tersebut juga akan dilaporkan panitia penjaringan dan penyaringan kepada Kepala Desa pada Rabu (29/1). Panitia juga akan melaporkan ke Badan Permusyawaratan Desa pada waktu yang sama.

Kepala Desa Candinegara Suwatno, selaku penanggungjawab mengatakan, Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa betul-betul secara transparan dan tidak ada rekayasa apapun. Dan satu jam setelah hasil ujian tertulis diumumkan beliau juga mengucapakan “selamat” kepada 6 orang yang menduduki rangking meraih nilai diatas 60 ,  ini semua nilai murni dari peserta dan tidak ada bocoran soal”. Ungkapnya.

Beliau juga berharap Calon Perangkat Desa terpilih untuk siap bekerja dan siap melayani masyarakat, serta segera menyesuaikan dan untuk segera melaksanakan tugasnya secara baik. (Posted By Candinegara)

Komentar